website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 3:14:57 WIB

Tim Departemen Biologi FMIPA UI Perkenalkan Biodiversitas Kepada Siswa SD di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta

Depok | detikNews – Tim Departemen Biologi FMIPA Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari Dr. Ade Irma Elvira, Drs. Erwin Nurdin, M.Si., Drs. Wisnu Wardhana, M.Si., Dr. rer. nat. Mufti Petala Patria, Dr. Nining Betawati Prihantini, Dr. Mega Atria, Dr. rer. nat. Yasman, Dimas Haryo Pradana, M.Si., Afiatry Putrika, M.Si., Deti Purwanti, S.Si., Alexander Tianara, S.Si., dan Taryana menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas), ‘Pengenalan Biodiversitas di Ekosistem Sekitar Kita’ untuk siswa SD.

Kegiatan Pengmas Departemen FMIPA UI dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhajirin, Purwakarta pada tanggal 14 Agustus 2023.(Foto : Dok. detikNews.co.id)

Kegiatan tersebut dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhajirin, Purwakarta pada tanggal 14 Agustus 2023 dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan ‘Pendalaman Komprehensif Materi Ilmu Hayati bagi Siswa Ponpes Al-Muhajirin’ Purwakarta. Tujuan kegiatan pengenalan tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian siswa-siswi Ponpes Al – Muhajirin terhadap Biodiversitas di sekitar mereka melalui eksplorasi lingkungan sekitar sekolah.

Baca juga:  Sepuluh Upaya Wali Kota Depok Menuju Pendidikan Berkualitas dan Inklusif

Afiatry Putrika, M.Si. selaku koordinator rangkaian kegiatan Pengmas ‘Pendalaman Komprehensif Materi Ilmu Hayati bagi Siswa Ponpes Al-Muhajirin’ menyatakan, bahwa pengenalan menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem sangat diperlukan sejak dini.

“Siswa SD membutuhkan pengalaman untuk mengenal ekosistem di sekitar mereka agar mereka dapat menjaga kebersihan dan keseimbangan eksosistem sejak dini. Oleh karena itu dilakukan kegiatan pengenalan Biodiversitas di ekosistem sekitar sekolah mereka”, terangnya, Rabu 23/8/2023.

Kemudian, Dr.rer.nat.Yasman, salah satu anggota tim Pengmas menambahkan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan bertujuan agar generasi masa depan dapat mengelola alam secara berkelanjutan.

Baca juga:  Konsep Satu Atap dan Ramah Lingkungan, Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Sekolah Baru di Kelurahan Kencana

“Kegiatan pengenalan Biodiversitas di ekosistem bertujuan untuk menanamkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar kita sejak dini, sehingga generasi mendatang dapat mengelola alam secara berkelanjutan”, tambahnya.

Salah satu rangkaian kegiatan ‘Pendalaman Komprehensif Materi Ilmu Hayati bagi Siswa Ponpes Al-Muhajirin’ Purwakarta.(Foto : Dok. detikNews.co.id)

Pengmas untuk siswa SD tersebut diawali oleh pembukaan yang dilakukan di Kampus 1 Ponpes Al Muhajirin. Pembukaan dihadiri oleh KH. Dr. Abun Bunyamin, MA, pimpinan Ponpes Al-Muhajirin.

Hal senada diucapkan Ketua Departemen Biologi FMIPA UI Anom Bowolaksono, Ph.D., yang melalui sambutannya menjelaskan, bahwa diharapkan kegiatan Pengmas dapat membuka wawasan masyarakat sekolah tentang Ilmu Hayati.

“Departemen Biologi FMIPA UI senantiasa berbagi wawasan kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi, untuk dapat meningkatkan pengetahuan mereka terkait ilmu hayati”, jelasnya.

Baca juga:  DKP Kota Tangerang Bentuk Generasi Sehat dan Berwawasan Melalui Pelatihan Pangan

Sementara itu, K.H. Dr. Abun Bunyamin, M.A., dalam sambutannya mengatakan, bahwa mempelajari sains itu sangat penting, terutama ilmu biologi karena kita dapat lebih mensyukuri kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta dengan segala manfaatnya. Dirinya menyambut baik kegiatan Pengmas yang diselenggarakan oleh Departemen Biologi FMIPA UI, dan berharap kedepannya akan terjalin kolaborasi dengan sekolah-sekolah lain di bawah pengelolaan Yayasan Al Muhajirin.

“Dengan adanya kegiatan pengmas ini semoga para siswa semakin semangat dalam mengejar ilmu dan menerapkan pembelajaran sepanjang hayat”, tuturnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait